Jumlah kematian akibat virus korona nasional meningkat 18 persen dalam seminggu terakhir: Satgas

Jumlah kematian akibat virus korona di Indonesia telah meningkat sebesar 18 persen selama seminggu terakhir karena pembatasan sosial terus dilonggarkan di beberapa daerah, menurut satuan tugas COVID-19 nasional.

Juru bicara satuan tugas Wiku Adisasmito mengatakan kantornya telah mencatat 785 kematian terkait dengan COVID-19 antara 19 dan 26 Oktober, meningkat dari 665 kematian yang tercatat pada minggu sebelumnya.

"Secara nasional, jumlah kematian selama seminggu terakhir meningkat 18 persen," kata Wiku dalam konferensi pers online pada hari Selasa.

Lima provinsi dengan peningkatan kematian terkait virus corona paling signifikan adalah Jawa Barat dengan 89 kematian baru-baru ini, Sumatera Barat dengan 22, Jawa Tengah 16, Kepulauan Riau 10, dan Nusa Tenggara Barat tujuh, menurut data satgas.

Jawa Tengah menjadi perhatian khusus karena provinsi tersebut secara konsisten menempati peringkat di antara lima wilayah dengan peningkatan kematian akibat virus korona tertinggi di negara itu selama dua minggu berturut-turut, tambah Wiku.

Selain itu, jumlah pemulihan di seluruh nusantara juga menurun selama sepekan terakhir menjadi 28.430 dari 30.360 yang tercatat pada tujuh hari sebelumnya, katanya. Baca juga: Tetap di rumah selama libur panjang akhir pekan: Satgas COVID-19 “Ini bukan kabar baik. Kami seharusnya mempertahankan jumlah pemulihan, ”kata Wiku.

Kepala Satgas Doni Monardo mengakui, angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia masih berada di atas rata-rata global. Meski demikian, Doni mengaku optimistis Indonesia bisa segera menekan angka kematian terkait virus corona melalui kerja sama yang kuat di antara petugas kesehatan.

Dia mengklaim bahwa angka kematian lebih tinggi di antara pasien kritis yaitu 67 persen. “Nanti kita lihat apakah dokter yang lebih berpengalaman bisa meringankan gejalanya,” kata Doni dalam diskusi online yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana, seperti dikutip kompas.com.

Hingga Selasa, Indonesia telah mencatat total 366.454 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan 13.512 kematian terkait dengan penyakit tersebut. Sumber Berita Media.